Diskusi Virtual dengan Penasihat Perdana Menteri, Kemenhub RI Dorong Ekspor Otomotif Jepang di Pelabuhan Patimban

Hubungan kerjasama Indonesia dan Jepang akan semakin mesra usai Kementerian Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi dengan Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Mori Hirofumi yang membahas mengenai skema MRT dan pengoperasian pelabuhan Patimban.

Pelabuhan Patimban sendiri merupakan proyek dari Presiden Jokowi yang bernilai trilyunan rupiah demi mendukung kegiatan ekonomi ekspor dan impor sehingga dapat menekan biaya logistik di wilayaj Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah.

Pelabuhan ini sendiri telah diresmikan sejak 2020 lalu dan sudah dimulai beberapa kegiatan ekspor dengan tujuan Brunei  Darussalam dan Pelabuhan Filipina.

Menurut Menhub, Indonesia menginginkan Jepang sebagai penguasa pasar otomotif di Indonesia turut berkontribusi dengan mengekspor otomotif dari pabrik mereka yang ada di Indonesia ke luar negeri.

“Kami terus mendorong produsen mobil Jepang untuk menggunakan pelabuhan Patimban sebagai tempat ekspornya” ucap Kemenhub Budi Karya.

Tahun 2022 ini, pelabuhan ini ditargetkan dapat menjadi rumah ekspor bagi lebih dari 130.000 kendaraan/tahun bahkan akan terus ditingkatkan kapasitasnya jika memungkinkan.

Selain membahas Patimban, Menhub juga membahas terkait dengan kelanjutan mega proyek infrastruktur MRT di Jakarta Timur – Barat Fase 1 dan Fase 2A Selatan –Utara dan juga Pengoperasian Pelabuhan Patimban dan Draft Loan Agreement Fase I-2, dan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSB) Bekasi.

Source : kemenhub