Ditengah Ketegangan China-Taiwan, Jepang dan AS Siap Turun Tangan Jika Terjadi Perang

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menegaskan bahwa AS dan Jepang siap bekerja sama demi pengamanan jika terjadi bentrokan militer ditengah hubungan China Taiwan yang kini sedang memanas.

Diskusi tersebut juga membahas agar mendorong Taiwan dan China berdialog untuk menemukan solusi yang terbaik bagi kedua negara.

Taiwan yang telah menyatakan memisahkan diri dari China sejak perang saudara tahun 1949 kini telah menjadi negara sendiri. Namun, China masih menganggap bahwa Taiwan adalah bagian dari mereka yang memberontak dan hanya tinggal menunggu waktu untuk bersatu kembali.

Dalam beberapa waktu lalu, China yang mengancam bahwa jika Taiwan bersih keras memisahkan diri maka berarti siap untuk perang demi membuat Taiwan kembali tunduk pada mereka.

Dalam pertemuan sebelumnya, sekertaris negara AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi telah membahas mengenai pengamatan peningkatan jumlah pesawat perang Tiongkok yang melintas di Taiwan agar militer AS dan Jepang bisa bersiap menjaga keamanan.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here