Dukung Energi Ramah Lingkungan, Maspakai JAL Akan Beralih ke Sumber Energi Alternatif

Demi mendukung rencana netralitas karbon pada 2050 nanti, perusahaan maskapai penerbangan Jepang JAL mengatakan akan segera beralih menggunakan bahan bakar pesawat ke sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan di semua armada penerbangan.

Saat ini, energi bahan bakar alternatif masih dipertimbangkan lebih lanjut. Ada rencana bahwa energi alternatif tersebut berasal dari limbah plastik maupun limbah minyak atau bisa juga dari limbah rumah tangga.

JAL ingin memastikan bahwa bahan bakar dari limbah tersebut dapat menyumbang setidaknya 10% dari penggunaan energi maskapai.

JAL sendiri bekerja sama dengan trading house Marubeni Corp dalam pengembangan bahan bakar bersuber dari limbah plastik yang targetnya bisa dipakai sekitar tahun 2027.

Berbagai perusahaan kini sedang berlomba meningkatkan efektivitas mengurangi emisi penyebab pemanasan global dan melancarkan visi pemerintah Jepang yang ingin mengurangi emisi karbon di tahun 2050.

Saat ini, bahan bakar pesawat perusahaan JAL masih diimpor dari luar negeri. Peralihan menggunakan sumber energi alternatif tentu akan menghadirkan sejumlah tantangan baru.

Untuk itu JAL berusaha meyakinkan dengan menginvestasi dana demi penelitian sumber energi alternatif sebesar 2 Trilyun (JPY).

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here