Dukung Pemerintah Jepang, China Harap Tokyo Olimpiade Tetap Digelar Meski Ditengah Pandemi

Pemerintah China berharap penyelengaraan Tokyo Olimpiade dan Paralimpiade di musim panas mendatang tetap akan digelar meski pandemi virus corona yang maish belum juga mereda.

Saat berdiskusi dengan IOC, Presiden China Xi Jinping mengungkapkan dukungan penuh kepada penyelenggaraan Tokyo Olimpiade yang kurang dari 3 bulan akan digelar.

Melansir dari media China Xinhua mengatakan bahwa penyediaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh China telah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia WHO juga sebagai dukungan kuat pada Olimpiade Tokyo.

Tokyo Olimpiade yang seharusnya digelar pada 2020 lalu, harus ditunda 1 tahun akibat adanya pandemi corona. Jepang yang terus dihantui dengan kebangkitan angka penambahan virus corona membuat Jepang harus mati-matian agar penyelenggaraan Tokyo Olimpiade tahun ini harus tetap digelar.

Xi juga telah mempertegas kepada IOC bahwa Beijing akan tetap menyelenggarakan Olimpiade pada musim dingin tahun 2022 mendatang.

China yang saat ini juga sedang menghadapi isu boikot olimpiade oleh berbagai negara di dunia akibat dugaan adanya pelanggaran HAM terhadap muslim uighyur yag bekerja paksa di Xinjiang.

Menurut media setempat, China juga akan mengamati bagaimana Jepang dapat berhasil menjadi tuan rumah pertandingan ditengah pandemi corona.

Source : KN