Edan! Peniliti Jepang Berhasil Bikin Daging Wagyu Menggunakan Printer 3D

Siapa yang tak kenal dengan daging sapi wagyu Jepang? daging yang biasa dijadikan steak dengan lemak khasnya membuat daging tersebut empuk dan sangat enak ketika dimakan.

Sejak hadirnya teknologi memang menjadikan banyak sesuatu yang unik bahkan kini sebuah bahan makanan bisa dicetak menggunakan printer 3D.

Hal tersebut telah berhasil dilakukan oleh seorang peneliti dari Universitas Osaka yang mencetak daging wagyu menggunakan printer 3 dimensi.

Penelitian ini dilakukan agar daging wagyu segar bisa terus diproduksi secara luas dan berkelanjutan yang sangat mirip dengan produk asli.

Menurut peneliti, bahan printer tersebut menggunakan sel dari sapi wagyu dengan membuat struktur karakteristik sehingga hasil daging yang dicetak persis daging.

Dengan menggunakan sel dari sapi aslinya, peneliti mengatur bagaimana otot, pembuluh darah dan lemak bersatu menjadikan sebuah daging yang bisa dikonsumsi.

Teknik printing ini disebut dengan bioprinting 3D.

Menurut peneliti, hal ini bisa menjadi bukti bahwa steak wagyu dapat dicetak menggunakan teknologi printer 3D sebagai langkah besar untuk menuju masa depan memproduksi daging yang berkelanjutan.

Bahkan bukan hanya itu, di masa depan nanti pelanggan bisa menyesuaikan sendiri pesanan dan potongan daging dengan jumlah lemak yang mereka inginkan sendiri dan bisa diatur sesuai dengan masalah kesehatan mereka masing-masing.

Source : insider