Ekonomi Perlahan Bangkit, Data Bulan September Tunjukan Ketersediaan Lapangan Kerja di Jepang Meningkat

@’Ê‹ÎŽžŠÔ‘тɃ}ƒXƒNŽp‚Å•à‚­l‚½‚¿‚P‚S“úŒß‘OA“Œ‹žE’r‘Ü

Usai dicabutnya status darurat corona oleh pemerintah, kini ekonomi mulai kembali bangkit dengan banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan dan pencarian staf hingga membuat ketersediaan lapangan kerja pada September lalu di Jepang meningkat.

Menurut data Kementerian Kesehatan, Ketanagakerjaan dan Kesejahteraan Rakyat Jepang, rasio terhadap pelamar naik menjadi 1:16 dimana data tersebut menunjukan bahwa terdapat 116 lowongan pekerjaan untuk 100 pelamar kerja.

Dalam  data terpisah, data pengangguran di Jepang tak berubah dari 2,8% tidak berubah sejak Juli lalu.

Setelah angka penambahan virus corona di Jepang yang terus mencatatkan penurunan dan status darurat corona telah dicabut kini berbagai kegiatan ekonomi berbagai sektor perlahan kembali bangkit dari keterpurukan.

Menurut kepala ekonom dari lembaga Itochu bernama Atsushi Takeda mengatakan bahwa saat  ini banyak pengusaha berusaha untuk mengamankan lebih banyak pekerja mengantisipasi dimulainya kembali ekonomi.

Sementara itu, tingkat pengangguran belum membaik karena dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah orang masih menahan diri untuk mencari kerja karena takut akan melonjaknya kembali virus.

Menurut Takeda, kedepannya angka pengangguran diperkirakan akan turun karena jumlah tawaran pekerjaan dan pencari kerja akan meningkat pesat

Kembalinya aktivitas ekonomi juga akan mendorong banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan apalagi usai melakukan pemotongan karyawan beberapa waktu lalu akibat adanya pandemi.

Source : JT