Enak Banget! Paket Stimulus Ekonomi, Jepang Canangkan Kasih ¥100.000 pada Usia 18 Tahun ke Bawah

Pemerintah Jepang dikabarkan kini tengah berkoordinasi dengan parlemen soal program memberikan uang tunai sebesar 100.000 JPY untuk anak berusia 18 tahun atau ke bawah untuk mengurangi dampak dari pandemi corona.

Program ini akan dimasukan dalam stimulus ekonomi senilai puluhan trilyun yen dibawah perencanaan Perdana Menteri baru yakni Fumio Kishida.

Selain itu, dewan parlemen yang kini berkuasa yakni LDP kini tengah berencana untuk memberikan masing-masing ¥30.000 kepada pemegang nomor individu/identitas atau yang disebut “My Number” demi memacu konsumsi masyarakat hingga berdampak pada perputaran ekonomi.

Langkah ini juga sebagai pemicu agar mempromosikan penggunaan nomor identitas rancangan dari pemerintah yang tidak begitu populer di masyarakat.

Program ini juga merupakan salah satu janji politik dalam kampanye pada pemilihan yang digelar pekan lalu.

Sejak tahun 2016, pemerintah Jepang mengeluarkan nomor identitas bagi setiap warganya dan juga penduduk asing berjumlah 12 digit angka yang menyimpan data masyarakat seperti data pribadi, pajak dan juga jaminan sosial.

Nomor identitas tersebut akan membuat layanan publik semakin mudah namun banyak orang masih khawatir tentang kebocoran data pribadi mereka.

Source : JT