Evakuasi Warga, Jepang Kirimkan Pesawat Militer ke Afghanistan

Pemerintah Jepang mengirimkan pesawat milik pasukan bela diri (militer) ke Afghanistan untuk mengevakuasi warganya dan staf lokal yang bekerja keduataan besar Jepang di sana.

Saat ini, Afghanistan tengah mengalami krisis politik usai pasukan AS yang menarik diri dan kini pengambil alihan kekuasaan negara dikuasai oleh kelompok militan Taliban.

Sebanyak 3 buah pesawat militer berupa 1 buah pesawat C-2 dan 2 buah pesawat C-130 dikirimkan dijadwalkan akan berangkat hari ini.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, evakuasi kali ini akan menjadi yang pertama kalinya SDF atau pasukan militer Jepang mengecvakuasi warga negara asing dari suatu negara.

“Mengamankan keselamatan warga Jepang adalah prioritas utama kami dan kami juga menganggap penting untuk mengamankan keselamatan staf lokal kedutaan yang tersisa di sana karena mereka ingin meninggalkan negara itu.” ucap kepala sekertaris kabinet Katsunobu Kato.

Senin pagi kemarin, baku tembak terjadi antara tentara Afghanistan dengan orang tak dikenal hingga beberapa pasukan tersebut tewas ditembak. Afghanistan kini mencapai titik krisis poitik dimana banyak orang warganya ingin meninggalkan negara tersebut karena kekacauan politik yang terjadi.

Beberapa pesawat militer yang dikirimkan Jepang juga akan membawa peralatan dan perlengkapan lengkap dengan beberapa personel JSDF.

Sejak 15 Agustus lalu, Diplomat dan staf kedutaan Jepang di Afghanistan telah dievakuasi ke Dubai Turki.