Fakta Selama Pandemi, Kementerian Tenaga Kerja Jepang Catat Penambahan Tenaga Kerja Asing

Illustration Pict by Canva

Pandemi yang menyerang berbagai sektor ekonomi mengharuskan banyaknya operasional bisnis yang harus memotong gaji karyawan hingga merumahkan karyawan menjadi persoalan utama di berbagai negara di dunia agar ekonomi bisa kembali pulih.

Namun, data mengejutkan dari Kementerian Tenaga Kerja Jepang yang mencatat tenaga kerja asing di Jepang hingga Oktober 2020 alami peningkatan sebanyak kurang lebih 65.000 dari tahun sebelumnya.

Hingga kini, Kementerian mencatat ada sebanyak 1.724.328 pekerja asing di Jepang pada tahun 2020 dimana tahun tersebut merupakan tahun pandemi sedang berlangsung.

Untuk pertama kalinya, Kementerian Tenaga Kerja mencatat Vietnam sebagai penyumbang tenaga kerja asing di Jepang paling banyak yakni sebanyak 443.998 pekerja, diikuti dengan China sebanyak 419.431 pekerja dan Filipina sebanyak 184.750 pekerja.

Hal ini mungkin saja dikarenakan pemerintah yang pada saat itu membuka jalur akses bagi pekerja asing yang memiliki residen lebih dari 3 bulan yang diisi oleh tenaga kerja asing dan disebar ke berbagai sektor demi pemulihan ekonomi.

Source : asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here