Fix! Pemerintah Cabut Aturan, Mulai 11 Oktober Pendatang Luar Negeri Bebas Masuk Jepang Tanpa Kuota

Pemerintah Jepang secara resmi telah mengumumkan akan mencabut aturan jumlah kuota masuk harian dari luar negeri pada 11 Oktober mendatang sebagai langkah dalam pelonggaran pembatasan virus covid-19.

Mulai 11 Oktober mendatang, kuota masuk dari luar negeri yang saat ini diberlakukan hanya 50.000 orang perhari akan dicabut sehingga pendatang bisa masuk Jepang tanpa perlu adanya aturan kuota masuk sama seperti sebelum pandemi namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, pemerintah Jepang juga akan melanjutkan perjalanan individu bebas visa sehingga tak perlu lagi memakai pemandu wisata.

Menurut PM Kishida, pemerintah Jepang akan terus berupaya  melonggarkan pembatasan dan memudahkan prosedur seperti yang dilakukan oleh organisasi negara maju G7 lainnya.

Dengan tak ada lagi batasan kuota masuk dari luar negeri, Jepang berharap ini akan menjadi titik balik untuk membangkitkan kembali ekonomi yang terpukul keras akibat sektor pariwisata yang redup selama 2 tahun ke belakang akibat adanya pandemi.

“Saya berharap sebanyak mungkin orang dapat memanfaatkan program yang akan mendukung industri pariwisata dan hiburan” ucap PM Kishida dengan tujuan untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata.

Source : JT