G7 Akan Menyuarakan Dukungan Olimpiade Tokyo Untuk Melawan Skeptisisme

G7 akan menyuarakan dukungan untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang akan datang dalam pernyataan bersama yang diperkirakan akan dirilis setelah KTT Jumat (19/02/2021), kata sumber pemerintah Jepang.

Langkah itu dilakukan ketika Jepang sedang berusaha untuk melawan skeptisisme tentang apakah pertandingan yang ditunda dapat diadakan dengan aman pada musim panas ini di tengah pandemi virus corona. Jajak pendapat Kyodo News baru-baru ini menunjukkan lebih dari 80% responden mengatakan game harus ditunda atau dibatalkan.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selama panggilan telepon awal pekan ini untuk mengumpulkan dukungan untuk olimpiade dan kerja sama dari anggota G7 lainnya yaitu: Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Amerika Serikat. Inggris adalah ketua G7 tahun ini.

Masih belum pasti seberapa besar pernyataan bersama ini akan membantu membangun momentum menuju Olimpiade, yang dijadwalkan dibuka pada 23 Juli.

Telekonferensi pada hari Jumat ini akan menjadi pembicaraan pertama sejak April lalu ketika para pemimpin G7 membahas tanggapan virus corona dan pertemuan internasional pertama untuk Presiden AS Joe Biden sejak ia menjabat pada 20 Januari 2021.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here