Gelar Pertemuan, AS, Jepang dan Korea Selatan Bahas Program Lanjutan Denuklirisasi Terutama Ancaman dari Korut

Utusan dari ketiga negara yakni Amerika, Jepang dan Korea Selatan, menggelar pertemuan di Seoul pada Senin 21/6/21 kemarin dan membahas mengenai tujuan denuklirisasi terutama ancaman pengembangan nuklir dari Korea Utara.

Saat awal diskusi, pejabat dari Amerika berharap bahwa tawaran AS kepada Korea Utara untuk berdiskusi mendapat respon yang positif demi kebaikan bersama.

Jepang yang diwakili dari Pejabat Kementerian Luar Negeri Takehiro Funakoshi berdialog dengan Korea Selatan dan Amerika membahas demi membawa kemajuan yang efektif terhadap denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Amerika dibawah kepemimpinan Presiden Joe Biden baru-baru ini memang mengajak Korea Utara untuk berdialog kenegaraan sambil membahas mengenai komitmen Korea Utara di tahun 2018 terkait denuklirisasi.

Menurut media dari Korea Utara, sejak pekan lalu Kim Jong Un menekankan perlunya dan bersiap berdialog sepenuhnya dengan pemerintah Amerika dibawah tangan Presiden Joe Biden.

Sejak gelar KTT di Singapura pada 2018, Kim Jong Un dan mantan Presiden Amerika Donald Trump sepakat akan memberikan jaminan keamanan di Pyongyang sebagai imbalan karena Kim yang berjanji akan segera melakukan denuklirisasi di semenanjung Korea.

Source : KN