Gencarkan Vaksinasi, Pemerintah Jepang Siap Izinkan Penggunaan Vaksin Besutan Moderna dan AstraZeneca

Pemerintah Jepang akan segera menyetujui perizinan penggunaan vaksin dari 2 perusahaan farmasi yakni AstraZeneca dan juga Moderna Inc demi mempercepat vaksinasi masyarakat  Jepang yang dinilai lambat.

Kementerian Kesehatan rencananya akan mengizinkan vaksin tersebut digunakan oleh anak muda mulai dari usia 18 tahun keatas dengan mengikuti 2x proses vaksin.

Dengan diizinkannya 2 besutan vaksin tersebut secara resmi Jepang akan memiliki 3 besutan vaksin yang akan dipakai yakni Pfizer, Moderna dan AstraZeneca.

Nantinya, vaksin Moderna dijadwalkan akan diberikan di pusat pelayanan vaksin.

Meski begitu, pemerintah masih akan mengkaji terkait dengan penggunaan vaksin dari AstraZeneca usai mencuatnya kabar bahwa ada orang yang mengalami pembekuan darah usai disuntik vaksin tersebut.

Pemerintah Jepang yang terus menghadapi kritikan karena dinilai lambat dalam proses vaksinasi terus gencar melakukan percepatan vaksinasi yang telah dimulai dari petugas kesehatan sejak Februari lalu.

Saat ini hanya sekitar 4% dari total keseluruhan masyarakat Jepang yang telah mendapat vaksin.

PM Yoshihide Suga berjanji akan terus mempercepat vaksinasi masyarakat hingga mencapai 1 juta vaksin dalam sehari dan menyelesaikan proses vaksinasi pada lansia pada akhir Juli nanti.

Pemerintah Jepang sendiri telah bersepakat untuk memesan sebanyak 50 juta dosis vaksin dari Moderna hingga September mendatang dan sebanyak 120 juta dosis dari AstraZeneca dan juga 194 juta dosis dari Pfizer dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksin di negeri Sakura tersebut.

Source : KN