Golden Week, Waktu Liburan Panjang ala Orang Jepang Bikin Jalanan Padat

Mungkin jika di Indonesia, waktu libur panjang setiap tahun akan jatuh di bulan idul fitri. Ketika liburan idul fitri tiba, banyak orang yang melakukan mudik bertemu bersama sanak saudara dan berlibur bersama.

Di Jepang juga ada istilah liburan panjang dimana umumnya banyak orang yang mudik ke kampung halamannya untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Ya, liburan tersebut disebut dengan Golden Week (ゴールデンウィーク). Liburan ini biasanya berlangsung dari akhir April hingga awal bulan Mei. Seperti di Indonesia,  periode liburan panjang ini berbeda-beda setiap tahun. Umumnya terjadi sekitar 1 minggu hingga 10 hari.

Karena liburan panjang, biasanya banyak orang yang merantau keluar kota akan pulang kampung ke daerah asalnya dan berlibur bersama keluarga.

Libur panjang ini terjadi karena ada deretan hari libur untuk memperingati berbagai peringatan nasional seperti Hari Showa (29 April), Hari Peringatan Konstitusi (3 Mei), Hari Hijau (4 Mei) dan Hari Anak (5 Mei).

JIka Jepang yang dikenal sebagai negara yang jarang macet di jalan raya, namun tidak ketika periode golden week berlangsung. Jalanan dan berbagai transportasi publik biasanya akan dipenuhi dengan banyak orang.

Tak heran memang jika saat periode libur golden week, banyak tempat wisata publik yang sangat ramai dikunjungi.

Selain itu, biasanya juga akan ada berbagai festival unik yang hanya ada ketika liburan tersebut saja dan biasanya berbeda di setiap wilayah masing-masing.

Tahun ini, mungkin tidak akan terlalu padat seperti tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi corona, pemerintah menghimbau agar masyarakat menahan diri untuk liburan karena dikhawatirkan akan memicu menngkatkan penyebaran virus.