Hadir Dalam KTT ASEAN, PM Jepang Fumio Kishida Janji Akan Perkuat Kerjasama dengan Negara-negara ASEAN

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga turut hadir dalam KTT ASEAN yang diselenggarakan secara virtual dengan membahas serangkaian kerjasama dengan negara ASEAN.

PM Kishida juga membahas persoalan kerja sama dengan negara di ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka sebagai tanggapan atas meningkatnya agresi militer China di kawasan Laut China Selatan.

Usai mengikuti rapat dengan  para pemimpin dari negara ASEAN, PM Kishida bertemu dengan para awak media dan menyuarakan atas keprihatinan situasi yang terjadi pelanggaran hak asasi di Hongkong dan juga Xinjiang  serta pentingnya menjaga stabilitas Taiwan.

Hadir dalam KTT ASEAN juga menjadi kesempatan pertama bagi Kishida untuk bertemu dengan para pemimpin negara ASEAN termasuk Indonesia usai menggantikan jabatan Perdana Menteri dari Yoshihide Suga.

“Kali ini, sebagai perdana menteri, saya akan bekerja sama dengan negara ASEAN secara kuat mendorong upaya mewujudkan Indo-Pasific yang bebas terbuka” ucap PM Kishida kepada wartawan.

Mengingat tahun 2023 menandari persahabatan kerjasama antara ASEAN-Jepang, PM Kishida juga menyapaikan bahwa Jepang akan siap menggelar pertemuan puncak khusus demi membawa hubungan dengan negara ASEAN ke tahap baru.

Source : mainichi