Harga Bahan Baku Dunia Naik, Rokok dan Consumer Product di Jepang Diperkirakan Alami Inflasi

Jepang diperkirkann akan mengalami kenaikan harga dari beberapa produk makanan dan tembakau mulai Oktober mendatang usai adanya lonjakan harga bahan baku global.

Dampak ini tentu akan menjadi pukulan baru bagi keperluan rumah tangga terutama pendapatan masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona.

Mulai hari ini, produsen susu Jepang Meiji Co dan Megmilk Snow Brand dikabarkan telah menaikan harga produk margarin karena adanya lonjakan permintaan global serta penurunan produksi di daerah penghasil karena cuaca yang buruk.

Sementara itu, produk makanan dan minuman seperti dari perusahaan Ajinomoto telah menaikan harga 40 jenis produk kopi mereka sebesar 20%.

Meski begitu, Ajinomoto memperkirakan kenaikan harga barang ini diarasa tetap aman untuk saat ini dengan dimulainya kegiatan perputaran ekonomi secara bertahap setelah pukulan pandemi corona.

Pada produsen rokok yakni Tobacco Inc Seven Star juga merevisi harga jual perbungkus dari 560 JPY ke 600 JPY.

Produk konsumen lain seperti makanan beku dari Nichirei Food diperkirakan akan naik 4 hingga 8% pada produk mereka.

Memang saat ini perekonomian Jepang belum kembali pulih seperti kondisi pra-pandemi, dimana saat ini daya beli konsumen menurun yang juga dipengaruhi oleh kenaikan harga barang.

Source : JT