Hari Ini, Jepang Peringati Peristiwa Bom Atom Hiroshima ke 76 Tahun

Hari ini, Jepang memperingati  76 tahun peristiwa besar yang membuat negeri Sakura tersebut hancur di masa perang dunia II akibat dijatuhi bom atom oleh pasukan sekutu.

Upacara tahunan yang digelar di Hiroshima Memorial Park tahun ini kemungkinan juga akan dibatasi seperti tahun lalu karena adanya pandemi corona.

Kabarnya, hanya akan ada sekitar 880 tamu dan 24 keluarga korban akan hadir dalam peringatan peristiwa bom atom tersebut.

Peringatan tahun ini yang juga bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade dan rencanya, seluruh pertandingan akan meminta kepada seluruh atlet dan panitia mengheningkan cipta di jam 08.15 JST.

Dalam acara yang diperingati setiap tahun tersebut, akan ada pembacaan mengenai kelamnya korban yang terkena persenjataan nuklir dan pentingnya generasi muda di masa depan untuk mendorong negara-negara yang mengembangkan senjata nuklir untuk mengubah kebijakannya.

 Jepang sebagai negara korban yang pernah dijatuhi bom nuklir tersebut seringkali menentang negara-negara yang kini terus mengembangkan persenjataan nuklir.

Bom atom kedua yang dijatuhkan di Nagasaki akan diperingati tanggal 9 Agustus mendatang dan Jepang menyerah 6 hari kemudian.

Source : mainichi