Hasil Poling Online : Taro Kono, Dapatkan Suara Terbanyak untuk Teruskan Jabatan Perdana Menteri Jepang

Sebuah poling survey yang dilakukan oleh Kyodonews baru-baru ini menunjukan bahwa Menteri yang bertanggung jawab dalam penanggulangan Covid-19 di Jepang Taro Kono, merupakan kandidat terkuat untuk meneruskan jabatan perdana menteri.

Poling survey online menyebut bahwa elektabilitas Taro untuk menjabat menjadi Perdana Menteri naik hiongga 31,9% dari survey responden sebanyak 1071 orang pada Sabtu-Minggu pekan lalu.

Selain itu, 2 kandidat lain yang memungkinkan untuk maju dalam calon perdana menteri diisi oleh mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba yang mendapat poling 26,6 dan mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida dengan perolehan 18,8%.

3 kandidat ini merupakan calon yang potensial yang diusung dari partai LDP dimana pemilihan parlemen di Jepang akan dilakukan pada akhir September nanti.

Selain itu, beberapa calon lainnya yang digadang akan maju dalam pemilihan Perdana Menteri adalah Sanae Takeichi meskipun belum menyatakan secara resmi.

PM Yoshihide Suga telah menyatakan untuk mundur dalam pencalonan sebagai perdana menteri Jepang dan ia juga tidak akan mencalonkan sebagai pemilihan pemimpin partai LDP.

Elektabilitas PM Yoshihide Suga turun hingga 30% atas penanganan covid-19 yang dinilai lambat dan tidak memuaskan oleh masyarakat.

Selain itu, salah satu penyebab menurunnya elektabilitas PM Yoshihide Suga juga dipengaruhi oleh penyelenggaraan Olimpiade ditengah meningkatnya lonjakan infeksi di negeri Sakura dinilai masyarakat terlalu memaksakan.

Source : KN