Hati-hati Bersosmed! Jepang Sepakat RUU Siap Disahkan untuk Lebih Cepat Mengidentifikasi Pelaku Cyberbullying

Pemerintah Jepang sepakat menyetujui undang-undang tentang ketetapan prosedur pengadilan yang lebih sederhana, tujuannya adalah untuk membantu para korban bullying di sosial media.

Prosedur baru ini dianggap lebih efektif dan menghemat waktu serta biaya ketika ada seorang korban cyberbullying yang melapor karena saat ini banyak korban yang menyerah melaporkan kejadian tersebut karena prosesnya yang berbelit-belit.

Aturan undang-undang ini juga sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi penyalahgunaan sosial media sekaligus menanggapi kematian Hana Kimura “Terrace House” yang menjadi sasaran netizen melakukan penindasan lewat postingan kebencian secara online.

Undang-undang sebelumnya, setidaknya harus melalui 2 proses pengadilan yakni melawan operatir sosial media dan penyedia layanan internet agar bisa mengidentifikasi siapa dibalik pelaku yang melakukan cyberbullying.

Dibawah undang-undang baru ini, para pelapor hanya perlu mengikuti 1 prosedur pengadilan saja dan dibawah pengadilan nanti akan diungkapkan bahwa informasi yang diperlukan dibutuhkan atau tidak.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here