Hebat! Jepang Lakukan Transplantasi Paru-paru Pertama Kali di Dunia

Persatuan dokter di Jepang mengatakan bahwa pihak medis telah berhasil melakukan transplantasi jaringan paru-paru manusia dalam keadaan hidup dimana  ini adalah hal pertama yang pernah dilakukan di dunia.

Pasien yang melakukan transplantasii tersebut adalah seorang wanita berasal dari Kansai Jepang. Ia kembali pulih setelah hampir kurang lebih 11 jam dioperasi oleh pihak medis. Transplantasi tersebut diambil dari sebagian organ yang dimiliki oleh suam dan putranya.

Menurut pihak medis, transplantasi organ paru-paru mati sudah pernah dilakukan medis di Amerika dan China. Transplantasi paru-paru hidup ini merupakan yang pertama kali terjadi di dunia dimana pasien yang mengalami kerusakan pada paru-paru akibat terpapat virus covid-19.

Wanita tersebut mengalami gangguan pernapasan usai terpapar virus corona sejak akhir tahun lalu dan kondisinya kian memburuk.

“Kami menunjukan bahwa sekarang kami memiliki pilihan transplantasi paru-paru hidup. Ini jjuga akan memberikan suatu harapan kepada pasien” kata Dr Hiroshi Date seorang ahli bedah yang juga turut memimpin jalannya operasi.

Menurut pihak medis, pasien wanita tersebut akan pulih seutuhnya dan meninggalkan rumah sakit dalam waktu 1 hingga 2 bulan kedepan.

Suksesnya transplantasi paru-paru ini akan membuka kemajuan penelitian medis yang juga berdampak pada harapan kesehatan bagi seluruh pasein di dunia.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here