Honda akan Menjadi Produsen Mobil Pertama di Jepang yang Menjual Kendaraan Autopilot Level 3

Raksasa produsen mobil asal Jepang mengatakan bahwa mereka telah mendapat persetujuan dari pemerintah Jepang untuk memproduksi dan menjual kendaraan autonomous atau semi otomatis level 3.

Kabarnya, persetujuan ini menjadi persetujuan pertama produksi kendaraan semi otomatis level 3 di dunia.

Dalam kendaraan autopilot terdapat 5 level sistem yang berbeda. Hingga saat ini, parbikan mobil Jepang Nisan Motor Co dan Subaru Corp baru mengenalkan sistem autopilot hanya sampai level 2 dimana pengemudi masih harus duduk di bangku pengemudi dan mengambil alih sistem kemudi jika terjadi hal yang berbahaya.

Di kendaraan autopilot level 3, pengemudi bisa lebih leluasa tanpa perlu khawatir mobil yang dikendalikan karena dengan berbagai sensor canggih dapat lebih pintar membaca situasi lalu lintas kendaraan. Meski begitu, kendaraan autopilot level 3, si pengemudi masih harus duduk di kursi pengemudi untuk mengambil alih sistem kemudi jika terjadi hal darurat.

Di level tertinggi yakni level 5 yang mungkin saja akan ada di masa depan, pengemudi tidak perlu lagi khawatir untuk memegang kendali kemudi karena segala sensor canggih sudah bisa membaca situasi meski ada keadaan darurat sekalipun.

Pihak Honda mengatakan bahwa kendaraan yang dibekali dengan sistem autopilot level 3 tersebut akan dirilis pada mobil sedan di bulan Maret tahun depan.

Kementerian Perhubungan dan Transportasi Jepang mengatakan bahwa ini adalah upaya pemerintah dan sektor swasta untuk mendorong pengembangan mobil canggih yang bisa mengemudi sendiri.

Hal ini juga sebagai upaya Pemerintah Jepang yang telah membuat undang-undang lalu lintas kendaraan autopilot level 3 yang mulai diberlakukan pada bulan April tahun depan.

Source : mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here