Ikut Negara Barat, Jepang Jatuhkan Sanksi Penerbitan Visa, Pembekuan Aset Hingga Larangan Ekspor Impor ke Rusia

Jepang akan segera mengimplementasikan serangkaian sanksi ekonomi terhadap Rusia sebagai tanggapan atas kecaman pemerintah Rusia mengakui kemerdekaan wilayah timur Ukraina.

Sanksi yang dijatuhkan pemerintah Jepang mulai dari  penangguhan penerbitan visa bagi pejabat dan membekukan penyimpanan aset warga Rusia di Jepang, pelarangan penerbitan obligasi Rusia di Jepang serta pelarangan kegiatan ekspor impor.

Jepang sendiri telah mengaskan bahwa pihaknya mengecam keras atas perlakuan Rusia atas pelanggaran kedaulatan hukum internasional secara sepihak di teritorial Ukraina dengan mengakui kemerdekaan independen Ukraina Timur Donetsk dan Luhansk.

Kishida mengatakan bahwa Rusia diharuskan berdialog politik dengan Ukraina dan Jepang siap mengambil langkah tambahan apabila situasi semakin memburuk.

Menurut Kishida, sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia tak perlu ditakuti sebab langkah tersebut tak akan berdampak signifikan pada pasokan energi di Jepang dalam jangka pendek.

Tak hanya Jepang, penjatuhan sanksi juga diberlakukan oleh berbagai negara barat atas keputusan Rusia yang baru saja  mengirimkan  pasukan ke wilayah separatis Ukraina Timur.

Source : JT