Ingin Pindah Warga Negara ke Jepang? Siap-siap Harus Melepas Kewarganegaraan Lamamu!

Jepang adalah salah satu dari 50 negara di dunia yang tidak memperbolehkan warga negaranya memiliki kewarganegaraan ganda.

Bagi siapapun yang mengajukan menjadi warga negara Jepang atau pun bagi masyarakat Jepang yang pindah ke luar negeri dan memiliki paspor baru, diharuskan memilih salah satu kewarganegaraan.

Pada Kamis (21/1/21) pengadilan Jepang menguatkan larangan terhadap kewarganegaraan ganda dengan putusan dari salah satu kasus warga negara Jepang yang mendapat hak kewarganegaraan Swiss atas pekerjaannya.

Aturan saat ini, bagi orang Jepang yang memperoleh status kewarganegaraan lain diminta untuk mencabut kewarganegaraan Jepang mereka.

Hitoshi Nogawa, salah seorang warga Jepang yang mendapat hak status kewarganegaraan di Swiss karena pekerjaan yang mengharuskannya, harus rela melepas status kewarganegaraan Jepang pada putusan pengadilan Kamis kemarin.

Mereka menuntut ke pengadilan karena aturan tersebut melanggar hak konstitusi untuk mendapat perlindungan kesetaraan hukum di negaranya.

Hal ini juga pernah terjadi sebelumnya yang menimpa atlet tenis terkenal Jepang Naomi Osaka yang lahir di Jepang namun dibersarkan di Amerika. Saat menginjak usia 22 tahun Naomi harus memilih salah satu kewarganegaraan tetapnya. Ia pun memilih melepaskan warga negara Amerika dan menjadi WN Jepang.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here