IOC Sebut Tokyo Olimpiade Tetap Bisa Digelar Meski Dibawah Keadaan Status Darurat

Komite Olimpiade Internasional menyebut bahwa penyelenggaraan Tokyo Olimpiade di musim panas mendatang mungkin saja digelar meski dibawah keadaan status darurat sekali pun.

Kabar tersebut mencuat usai banyaknya keraguan pengadaan Tokyo Olimpiade yang hingga kini di beberapa prefektur di Jepang masih diberlakukan status darurat.

Dalam rapat yang digelar online IOC dengan panitia Tokyo Olimpiade mengatakan akan ada sebanyak 230 dokter dan 310 perawat yang siaga untuk memberikan dukungan medis selama pertandingan berlangsung.

Diperkirakan akan ada sekitar 15.000 atlet dari berbagai negara yang akan berjuang di Olimpiade dan Paralimpiade nanti. Ketua penyelenggara Olimpiade mengatakan tamu dari luar negeri termasuk pelatih, media dan staf organisasi olahraga dunia telah dikurangi setengahnya sehingga yang akan diperkirakan akan hadir secara langsung hanya sebanyak 78.000 orang saja.

Sebagai upaya untuk meyakinkan kepada publik bahwa penyelenggaraan Tokyo Olimpiade akan tetap digelar, panitia terus mensosialisasi bahwa penyelenggaraan Olimpiade akan digelar dengan aman dan langkah yang terbaik agar bisa digelar secara aman.

Panitia dan pemerintah mengatakan akan siap melakukan pengujian corona dengan kapasitas per hari mencapai 50.000-60.000 pengujian.

Source : KN