Izin Dicabut, Pemerintah Jepang Jamin Tindak Tegas Bagi Perusahaan yang Lakukan Kekerasan Terhadap Pemagang

Pemerintah Jepang secara resmi telah mencabut izin dari perusahaan konstruksi yang menerima pemagang asal Vietnam usai video viral yang memperlihatkan perlakuan kekerasan terhadap pemagang tersebut.

Perusahaan bernama Six Create di Prefektur Okayama kini mendapat hukuman larangan menerima pekerja magang dari luar negeri selama 5 tahun kedepan aturan tersebut dikeluarkan oleh  Badan Imigrasi dan Kementerian Tenaga Kerja Jepang.

“Tindakan pelanggaran hak asasi manusia terhadap trainee tidak boleh terjadi” ucap Menteri Kehakiman Yoshihisa  Furukawa dalam konferensi pers di Tokyo.

Furukawa mengatakan pemerintah akan menanggapi serius dan mengambil tindakan tegas bagi ada kasus serupa terjadi di masa depan bagi seluruh peserta magang dari negara mana pun yang sedang mengikuti program pemagangan di Jepang.

Sejak beberapa waktu lalu, beredar sebuah video hingga viral seorang pekerja Vietnam berusia 41 tahun mengalami penganiayaan oleh rekan kerja kantor mereka yang merupakan orang Jepang.

Ia mengaku datang sejak tahun 2019 dan menerima perlakuan kasar dari rekan sekantornya tersebut sekitar 2 bulan setelah ia mulai bekerja di perusahan kontruksi tersebut.

Kasus tersebut ditangani oleh serikat pekerja hingga sampai ke pemerintah dan diselidiki lebih lanjut hingga akhirnya perusahaan tersebut telah dicabut dan menerima hukuman dari pemerintah.

Source : asahi