Jangan Khawatir! Nanti Akan Ada Aplikasi yang Bantu Bagi Kamu yang Kehilangan Hak Ketika Bekerja di Jepang

Ketika bekerja di luar negeri memang menjadi sebuah impian bagi banyak orang karena bisa mendapatkan pengalaman dan juga penghasilan yang lebih besar.

Tapi di balik itu, terkadang jika kita masuk dalam sebuah perusahaan yang bandel hingga membuat hak pekerja asing ditahan dan kita sebagai pekerja asing pun kesulitan untuk menuntut hak kita.

Saat ini, sebuah perusahaan-perusahaan  di Jepang tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa dipakai oleh pekerja asing untuk menuntut jika terjadi masalah dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Lebih dari 200 perusahaan termasuk Toyota, Aeon, Softbank dan berbagai perusahaan lainnya tengah mengembangkan aplikasi smartphone untuk melindungi hak asasi pekerja asing yang tengah bekerja di Jepang.

Proyek aplikasi ini akan dipimpin oleh JICA, sebuah organisasi di Jepang yang mendukung kerja sama dengan negara lain.

Nantinya para pekerja asing yang terkena masalah seperti jam kerja yang berlebih, korban pelecehan atau pun pelanggaran perusahaan lainnya bisa langsung berkonsultasi dengan aplikasi tanpa diketahui perusahaan mereka bekerja.

Dalam aplikasi, pekerja asing bisa melaporkan masalah mereka  secara langsung.

Bahkan, aplikasi ini nantinya bisa membuat pengguna langsung melaporkan tempat mereka bekerja kepada pemerintah setempat atau pun otoritas setempat demi menindaklanjuti pelanggaran perusahaan.

“Kami ingin memberikan informasi yang berguna tentang tinggal di Jepang dalam berbagai bahasa” ucap salah satu pejabat JICA.

Hingga saat ini, Jepang mencatat pekerja asing yang bekerja di negara tersebut ada sebanyak 1,72 juta jiwa dari berbagai negara dimana angka tersebut meningkat 2x lipat dari 5 tahun sebelumnya.

Source : KN