Jauhi Emisi, Pemerintah Jepang Dorong Penggunaan Energi Terbarukan Ramah Lingkungan

Demi menuju dunia yang bebas polusi, pemerintah Jepang mengatakan akan berupaya untuk mempromosikan penggunaan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Perencanaan peralihan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan akan kembali dibahas dalam rapat November nanti. Penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan secara drastis akan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil hingga target pengurangan emisi bisa tercapai.

Selain itu, pemerintah juga akan terus mendorong infrastruktur Pembangkit listrik tenaga angin dan baterai isi ulang yang lebih ramah lingkungan.

Tujuan pengurangan emisi telah dipromosikan sejak Perdana Menteri sebelumnya yakni Yoshihide Suga yang kini dilanjutkan oleh PM Fumio Kishida dengan dimulainya kembali pembangkit listrik tenaga nuklir.

Demi mencapai netralitas karbon pada 2050, di tahun 2030 nanti energi terbarukan yang ramah lingkungan harus bisa setidaknya memenuhi 36-38% pasokan listrik di negeri.

Target penggunaan bahan bakar fosil sendiri pada tahun 2030 akan dipangkas hingga 41%.

Pemerintah akan terus mendorong percepatan dimulainya kembali pengbangkit listrik tenaga nuklir untuk mengurangi pada ketergantungan bahan bakar fosil.

Source : JT