Jepang Ajukan Protes Atas Siaran Langsung Korea Selatan di Pulau Sengketa Takeshima/Dokdo

Pemerintah Jepang telah mengajukan protes terhadap Korea Selatan atas siaran langsung di pulau Dokdo/Takeshima Island, dimana pulau tersebut adalah pulau yang dikendalikan oleh Korsel namun diklaim oleh Jepang.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan kepada penasihat keduataan besar Korsel di Jepang Kim Yong Gul bahwa pulau kecil yang disebut dengan Takeshima Island adalah bagian dari Jepang dan segera menghentikan siaran langsung tersebut.

Protes tersebut juga telah dilayangkan oleh Kedutaan Besar Jepang untuk Korea Selatan dan telah diteruskan ke Kementerian Luar Negeri Korsel.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan mengumumkan bahwa akan ada penyiaran langsung terkait dengan pulau tersebut dengan tujuan menarik minat dan ketertarikan publik terhadap pulau yang berseteru dengan Jepang tersebut.

Sejak Jepang kalah di Perang Dunia II, sejak tahun 1950 Korea Selatan menguasai pulau tersebut secara efektif hingga kini. Namun Jepang berpendapat bahwa pulau tersebut sudah sah milik Jepang dari aturan internasional PBB.