Jepang akan Berikan US$300 Juta untuk Bantu Vaksin Negara-Negara Berkembang

Perdana menteri Shinzo Abe mengatakan pada hari Kamis (4/6) akan beri bantuan US$300 Juta  kepada organisasi global untuk mempermudah akses vaksin di negara berkembang.

Dukungan keuangan Gavi, aliansi Vaksin diperpanjang selama 5 tahun sebagai kontribusi dalam upaya kesehatan masyarakat global. Shinzo Abe mengatakan kepada pers dan pertemuan organisasi secara online.

Pemerintah jepang telah memberikan sekitar US$ 95 Juta kepada gavi untuk periode dari 2016 hingga 2020. Sumbangan yang akan datang sebesar US$300 juta termasuk US$100 Juta yang telah dijanjikan pada bulan April kemarin dan ini juga menjadi sumbangan terbesar yang diberikan Jepang hingga saat ini.

Gavi menyediakan vaksin menggunakan dana yang dikumpulkan dari negara-negara donatur dan diberikan kepada negara berkembang dengan biaya yang rendah. Ini juga akan membatu para medis di negara-negara berkembang.

“dengan melibatkan dunia, Jepang ingin pimpin pengembangan obat-obatan dan juga vaksin terbaru” kata Juru bicara pemetintah Jepang Yoshihide Suga dalam konferensi pers di Tokyo.  

source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here