Jepang Akan Lakukan Penelitian Terkait Rencana Pemberian Dosis Vaksin Booster Tahun Depan

A nurse prepares to administer the Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine at Guy's Hospital in London, Tuesday, Dec. 8, 2020. U.K. health authorities rolled out the first doses of a widely tested and independently reviewed COVID-19 vaccine Tuesday, starting a global immunization program that is expected to gain momentum as more serums win approval. (AP Photo/Frank Augstein, Pool)

Para peneliti dari Jepang kini sedang mengembangkan studi lebih lanjut terkait dengan pemberian vaksin ketiga jika diperlukan untuk memperkuat antibodi yang dimulai tahun depan.

Kemungkinan kemanjuran vaksin yang dikabarkan akan berkurang dari waktu ke waktu, diperlukan dosis tambahan untuk memperkuat imun apalagi saat ini masyarakat dunia dihantui oleh kemunculan varian virus yang lebih menular.

Setidaknya, para peneliti mencoba mengamankan pasokan vaksin hingga 200 juta dosis hingga tahun depan seiring dengan melanjutkan penelitian.

Ibukota Jepang yakni Tokyo juga akan turut dalam mengevaluasi masalah pemberian vaksin ketiga ini sebagai suntikan penguat imun dari Covid-19.

Sementara itu, beberapa negara lain seperti Israel, telah memberikan vaksin booster kepada orang berusia 60 lebih dan Jerman berencana akan memulai vaksin ketiga pada lansia di bulan September nanti.

Swedia dan Inggris juga akan memulai hal yag sama musim gugur nanti.

Sejak pertengahan Februari lalu, Jepang telah memulai program vaksinasi yang dimulai dari tenaga kesehatan.

Menurut Kementerian yang bertanggung jawab soal corona Taro Kono mengatakan bahwa dosis vaksin ketiga kemungkinan akan diberikan tahun depan jika penelitian dari peneliti menyatakan bahwa vaksin dosis ketiga aman dan diperlukan untuk diberikan kepada masyarakat.

Source : japantoday