Jepang Akan Memperketat Pintu Masuk Dari Inggris Karena Adanya Jenis Virus Corona Baru

Airline employees wearing protective face masks, following an outbreak of the coronavirus disease (COVID-19), pass the Quarantine Counter at Narita Airport in Tokyo, Japan, March 14, 2020. REUTERS/Pawel Kopczynski - RC2DJF9Y0WCK

Jepang telah memutuskan untuk memperketat kontrol perbatasan pada kedatangan dari Inggris untuk mencegah penyebaran varian baru virus corona yang terdeteksi di negara Eropa tersebut, kata pemerintah pada Rabu (23/12/2020).

Mulai Kamis, Jepang akan melarang sementara pendatang baru warga negara asing yang datang untuk tujuan seperti bisnis atau studi, kata Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato.

Kato juga mengatakan warga negara Jepang yang tiba dari Inggris mulai Minggu akan diminta untuk melakukan tes virus dalam 72 jam sebelum keberangkatan dan menyerahkan hasilnya pada saat kedatangan.

Langkah Jepang dilakukan ketika negara-negara di seluruh dunia memberlakukan pembatasan perjalanan dari Inggris menyusul penyebaran virus, yang diyakini lebih mudah menular dan menyebabkan lonjakan infeksi di London dan Inggris tenggara.

“Kami telah memutuskan untuk segera mengambil tindakan guna mencegah penyebaran virus secara menyeluruh di Jepang dan membuat orang merasa aman,” kata Kato dalam konferensi pers reguler.

Juga mulai Kamis, pemerintah akan menangguhkan pengecualian dari karantina 14 hari untuk warga negara Jepang dan penduduk asing yang kembali dari perjalanan bisnis jangka pendek yang tidak lebih dari tujuh hari ke Inggris.

Penduduk asing di Jepang, yang sudah menjalani tes COVID-19 sebagai syarat masuk dari sebagian besar negara termasuk Inggris, akan diminta untuk mengunduh aplikasi pelacakan infeksi COVID-19 dan menyimpan data lokasi mereka setelah memasuki Jepang.

Kunjungan turis dari Inggris kini sudah dilarang.

Pengetatan kontrol terjadi karena pemerintah perlahan-lahan membuka kembali perbatasannya untuk membantu dimulainya kembali kegiatan ekonomi.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here