Jepang Akan Persingkat Masa Karantina Hingga 3 Hari Untuk Perjalanan Kepentingan Bisnis yang Telah Divaksin

Pemerintah Jepang akan memberlakukan aturan terkait penyingkatan masa karantina covid-19 bagi pebisnis yang telah divaksinasi dari luar negeri menjadi 3 hari karantina.

Aturan pemotongan masa karantina ini hanya akan berlaku untuk perjalanan kepentingan bisnis jangka pendek yang diperkirakan akan mulai berlaku pada pekan depan.

Aturan saat ini bagi kedatangan dari luar negeri dapat  menjalani pemotongan masa karantina hingga 10 hari dengan syarar telah divaksin, sementara kedatangan lainnya tetap harus menjalani karantina selama 14 hari.

Menurut Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan bahwa pemerintah akan meninjau secara bertahap pembatasan masuk ke Jepang karena sistem vaksinasi kini telah berjalan dengan baik dan banyak dari kalangan bisnis meminta pelonggaran pembatasan.

Bagi pendatang yang menerima 3 vaksin yang telah disahkan pemerintah Jepang yakni Pfizer, Moderna atau pun Astra Zeneca, dapat memenuhi syarat mendapat pemotongan masa karantina.

Selain itu, pemerintah juga kini tengah mempertimbangkan apakah pemotongan masa karantina ini dapat diterapkan bagi pendatang yang menerima vaksin selain 3 yang disebutkan tersebut.

“Kami akan mempertimbangkan dengan mengakumulasi pengetahuan terkait efektivitas vaksin dan langkah pengendalian pembatasan di negara lain” ucap Matsuno Hirokazu kepala sekeraris kabinet negara.

Masuknya mahasiswa asing dan juga pelatihan kerja juga diharapkan dapat dilanjutkan. Sekolah dan perusahaan nantinya akan diminta untuk melaporkan terlebih dahulu rencana kegiatan calon siswa atau peserta pelatihan magang di Jepang dan diawasi demi mencegah penularan virus.

Source : JT