Jepang Akan Potong Aturan Masa Karantina Pendatang Luar Negeri dari 7 Menjadi 3 Hari

Passengers walk through the ticketing counter floor for international flights at the Narita International Airport in Narita, east of Tokyo, Thursday, Dec. 2, 2021. (AP Photo/Hiro Komae)

Pemerintah Jepang kini tengah mempertimbangkan untuk mempersingkat masa karantina bagi pendatang dari luar negeri dari 7 hari menjadi 3 hari.

Hal ini juga sebagai salah satu langkah kemudahan dalam aturan pelonggaran kontrol pembatasan pendatang dari luar negeri yang disebuts-sebut akan diberlakukan pada bulan Maret mendatang.

Maret nanti, pemerintah akan menaikan kapasitas pendatang dari luar negeri dari semula 3500 orang kini akan naik menjadi 5000 orang perhari.

Aturan pengetatan pembatasan masuk dari luar negeri yang diberlakukan pemerintah Jepang telah mendapat sejumlah kritik internasional karena dinilai berlebihan.

Namun menurut pejabat pemerintah, akhir-akhir ini tengah dibahas mengenai kontrol pembatasan yang semula dirancang untuk mencegah masuknya virus omicron dari luar negeri namun kini akan dilonggarkan.

Selain itu, aturan masa karantina bisa saja tidak berlaku bagi pendatang yang memenuhi persyaratan masuk seperti telah menerima vaksin booster dan lain lain.

Pemerintah pusat rencananya akan mengumumkan pelonggaran pembatasan pendatang dari luar negeri tersebut pada hari ini.

Source : JT