Jepang Akan Turut dalam Pemulihan Ekonomi Negara ASEAN Termasuk Indonesia

Jepang dan perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tengara telah menyepakati upaya peningkatan pemulihan ekonomi menyusul adanya pandemi corona yang membuat berbagai sektor ekonomi di negara berkembang hancur.

Kesepakatan pemulihan ekonomi yang mencakup tujuan memperkuat ketahanan rantai pasokan pada berbagai bisnis serta menjamin prosedur perdagangan yang lancar dan juga mempromosikan penggunaan teknologi digital untuk perputaran ekonomi.

Selama pandemi berlangsung, berbagai industri dan pabrik mobil asal Jepang menarik diri karena kesulitan untuk mengamankan suku cadang di wilayah tersebut.

Menurut Menteri Perdagangan dan Ekonomi Jepang Hiroshi Kajiyama mengatakan bawah setiap negara kini menghadapi tugas yang sulit untuk melanjutkan kegiatan sosial dan ekonomi.

Kesepakatan bersama dengan negara Asean ini akan menjadi dukungan bagi negara-negara khususnya di wilayah Asean untuk kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Negara kelompok Asean yang mencakup Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Indonesia akan bersama-sama membangkitkan kembali perputaran ekonomi.  

Kesepakatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi negara khususnya di wilayah ASEAN untuk kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat adanya pandemi corona.

Source : nippon