Jepang Berncana akan Menyiapkan Sistem Konsultasi Ditengah Meningkatnya Kecanduan Bermain Game

Education, children, technology, science and people concept:Group of children playing video games at home.early education and learning

Pemerintah akan mengambil langkah dengan menyediakan pusat konsultasi ditengah kekhawatiran kecanduan game pada anak-anak yang semakin meningkat.

Tahun lalu, organisasi kesehatan dunia WHO telah memasukan kecanduan game adalah penyakit tersendiri. Penyakit ini akan mengubah aktivitas dan memprioritaskan pasiennya pada permainan game dengan mengesampingkan minat lain hingga menyebabkan menurunnya kesehatan, terganggunya pendidikan, pekerjaan hingga gangguan mental.

Kecanduan game ini juga meningkat setelah adanya pandemi corona yang menyerang hampir seluruh negara di dunia dan menyebabkan orang harus tinggal di rumah untuk mengurangi pengurangan virus. Akibatnya orang-orang akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game hingga lupa waktu dan menjadi kecanduan.

Menurut data pemerintah kementrian kesehatan Jepang, kecanduan game ini menyerang pada anak di rentang usia dari 10 hingga 29 tahun. Menurut survey, banyak dari mereka memainkan game menggunakan smartphone, pc dan juga console.

Kencanduan game pada anak-anak sangat dikhawatirkan oleh para orang tua karena game yang beredar saat ini mengharuskan pemain membeli aksesoris game seperti voucher senjata, perlengkapan dalam game lainnya hingga menyebabkan tagihan membengkak.

Source : Mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here