Jepang Bersiap-Siap Menghadapi Angin Topan Yang Sangat Kuat!

Jepang sedang bersiap menghadapi topan yang sangat kuat yang mendekati wilayah selatannya akhir pekan ini di tengah badai sebelumnya yang melukai puluhan orang di negara itu dan di Semenanjung Korea.

Topan No. 10 musim itu, juga dikenal sebagai Topan Haishen, atau Dewa Laut dalam bahasa China, dapat membawa hujan lebat yang belum pernah terjadi sebelumnya, gelombang besar dan air pasang tinggi ke Okinawa dan Kyushu pada Minggu pagi, kata pejabat Badan Meteorologi Jepang.

Badan prakiraan cuaca Yoshihisa Nakamoto, dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, mendesak orang-orang yang berada di jalur topan untuk mengambil tindakan pencegahan dan mengamankan persediaan tambahan air, makanan, dan kebutuhan lainnya.

Topan itu bergerak ke utara di Samudra Pasifik dengan kecepatan 15 kilometer per jam. Pada hari Minggu diperkirakan akan memiliki kecepatan angin hingga 198 kilometer per jam (122 mph).

Para pejabat mengatakan Topan No. 10 sebanding dengan topan September 1959 yang menewaskan lebih dari 5.000 orang di Jepang.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan, pemerintah sedang membentuk tim tanggap krisis dan mendesak orang-orang untuk mengambil tindakan pencegahan “untuk melindungi hidup Anda sendiri.”

Dia mengatakan air dilepaskan dari sembilan bendungan di Nagasaki, Kagoshima dan prefektur barat daya lainnya untuk menurunkan risiko banjir. Lebih dari 22.000 pasukan Tentara JSDF, personel penjaga pantai, polisi dan petugas pemadam kebakaran telah disiagakan.

Ratusan penduduk dari gugusan pulau selatan diangkut dengan helikopter SDF ke kota Kagoshima di pulau utama terdekat sebagai tindakan pencegahan.

Sc: Asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here