Jepang dan India Akan Mengadakan Pertemuan 2 + 2

Pemerintah Jepang dan India sedang mengatur pertemuan menteri luar negeri dan pertahanan mereka di Tokyo akhir bulan ini.

Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu dan Menteri Pertahanan Kishi Nobuo akan hadir. Dari India, Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar dan menteri pertahanan Rajnath Singh akan ambil bagian.

Ini akan menjadi pertemuan dua-plus-dua yang kedua antara Jepang dan India, setelah pertemuan di India dua tahun lalu. Negara-negara diharapkan membahas cara-cara untuk bekerja sama lebih erat di bidang pertahanan. Jepang dan India menandatangani perjanjian tahun lalu untuk mengizinkan JSDF dan militer India saling menyediakan makanan dan bahan bakar.

Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide juga mengatur untuk mengunjungi India dan Filipina selama periode golden week yang berlangsung dari akhir April hingga awal Mei.

Ketika China terus menegaskan dirinya di seluruh kawasan, pemerintah Jepang semakin memandang India sebagai mitra yang berbagi nilai-nilai dasar dan dapat membantu bekerja menuju Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Pemerintah Jepang berharap dapat menunjukkan kedekatan hubungan antara kedua negara melalui pertemuan dua-plus-dua dan kunjungan Perdana Menteri Suga ke India.

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here