Jepang dan India Sepakat Saling Beri Dukungan Militer

Pemerintah Jepang dan India sepakat untuk saling mendukung kebutuhan pasokan militer sebagai upaya siaga dalam hadapi China yang sedang agresif dalam meningkatkan pertahanan militer.

Dalam pembicaraan selama 30 menit pada hari Kamis (10/9/20) dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Abe sepakat pentingnya kerja sama dalam keamanan dan ekonomi negara di kedua belah negara.

Dengan kerja sama ini akan membantu mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas terbuka dari ancaman perang dunia.

Kerja sama ini meliputi memberi pasokan layanan makanan, bahan bakar, suku cadang, fasilitas logistik dan lain sebagainya dalam urusan militer serta pemeliharaan perdamaian PBB.

Dalam pembicaraan melalui telepon tersebut Shinzo Abe juga menjelaskan tentang keputusannya untuk mundur karena masalah kesehatan.

PM India Narendera mengucap terima kasih atas kepemimpinannya yang telah memperkuat hubungan bilateral India dan Jepang.

Kedua negara ungkapkan rasa prihatin atas ambisi China yang mengirimkan kapal-kapal ke pulau Senkaku yang juga telah diklaim sepihak oleh China.

India juga memiliki masalah dengan China terkait perbatasan di Himalaya. Tentara India dan tentara China yang sempat bentrok pada beberapa waktu lalu membuat setidaknya 20 tentara India tewas akibat insiden tersebut.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here