Jepang Ingin Menaikkan Target Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Pada Tahun 2030 Menjadi Setidaknya 40%

Jepang ingin menaikkan target pengurangan emisi gas rumah kaca 2030 menjadi setidaknya 40 persen dibandingkan dengan tingkat 2013, sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan Rabu (07/04/2021).

Langkah tersebut merupakan peningkatan drastis dari target awal pemerintah untuk memangkas emisi sebesar 26%, rencana ini dilakukan menjelang pertemuan antara PM Yoshihide Suga dan Presiden AS Joe Biden pada 16 April, dan pertemuan puncak virtual tentang perubahan iklim yang akan diselenggarakan oleh Biden pada 22 dan 23 April.

Target tahun 2030, yang ingin diselesaikan oleh pemerintah dalam KTT G7 pada bulan Juni, adalah landasan tujuan Suga untuk menjadikan Jepang ekonomi netto nol emisi pada tahun 2050.

Uni Eropa telah menaikkan target pengurangan emisi gas rumah kaca 2030 menjadi setidaknya 55% dibandingkan dengan tahun 1990, sementara Inggris telah menaikkan targetnya menjadi 68%.

Menteri Lingkungan Jepang Shinjiro Koizumi mengatakan bulan lalu pemerintah berencana untuk memberikan “target pengurangan 2030 sejalan dengan tujuan 2050” netralitas karbon.

Sementara kementerian lingkungan mengusulkan target ambisius untuk mengurangi emisi hingga 45%, kementerian industri, yang menempatkan pentingnya penetapan target berdasarkan kebijakan konkret, mendorong 35% yang lebih konservatif.

Pemerintah juga bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pembangkit listrik tenaga gas alam, yang mengeluarkan karbon dioksida relatif lebih sedikit selama pembangkit listrik termal, dan mengurangi ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga batu bara yang tidak efisien.

Perusahaan juga sedang mempertimbangkan untuk memperluas proyek energi terbarukan sejalan dengan target pengurangan baru.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here