Jepang Sedikit Keberatan atas Usul Presiden Trump yang akan Memasukan Korea Selatan ke Anggota G7

Pemerintah Jepang telah menyampaikan pesan kepada Amerika atas usulan presiden Amerika Donald Trump berencana akan memasukan negara Korea Selatan kedalam group of seven atau 7 kumpulan negara ekonomi maju dunia.

Sanggahan pemerintah Jepang tentu akan membuat kembali memanasnya hubungan antara Korea Selatan dan Jepang usai Korea Selatan menyambut hangat tawaran Trump tersebut.

Bagi Jepang, masuknya Korea Selatan akan membuat Jepang kehilangan status yang satu-satunya negara di Asia yang masuk kedalam G7.

Trump ingin memperluas G7 karena kondisi dunia yang telah berubah. Keanggotaan saat ini terbilang sudah ketinggalan jaman.

Trump mengatakan kepada presiden Korea Selatan Moon Jae In bahwa ia ingin memperluas G7 dengan mengundang negara Brasil dan beberapa negara lain sehingga keanggotaan G7 akan diperluas menjadi G11 atau G12.

Dilansir dari Kyodo, pemerintah Jepang menahan diri untuk tidak terbuka terhadap tentangan bergabungnya Korea Selatan kedalam G7 karena mungkin rencana itu hanya pemikiran sesaat presiden Trump.

Terkait dengan polemik ini, penambahan negara dalam keanggotaan akan diputuskan bersama dari seluruh anggota negara dalam rapat konferensi tingkat tinggi.

Source : newsyahoojapan, KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here