Jepang Kini Legalkan Kelahiran Anak dari Sperma atau Sel Telur Hasil Donor

Pregnant Woman sitting on the bed looking at ultrasound scan of her baby, high key

Pemerintah dan Parlemen Jepang kini sepakat untuk memberlakukan undang-undang yang mengatur tentang pasangan menikah sebagai orang tua yang sah bagi yang memiliki anak lewat sel telur atau sperma yang disumbangkan.

Dalam undang-undang baru ini menetapkan bahwa perempuan yang melahirkan dengan telur sumbangan dapat menjadi ibu yang sah dari si anak yang baru lahir tersebut.

Pregnant Woman sitting on the bed looking at ultrasound scan of her baby, high key

Begitu juga sang ayah, meski bukan dari hasil spermanya, sang ayah bisa menjadi ayah yang sah bagi si anak baru yang baru dilahirkan.

Meski begitu, aturan ini sempat menjadi perdebatan antara para ahli dan senior hukum terkait dengan kejelasan identitas sang anak dan bisa saja menjadi sebuah identitas palsu oleh oknum di masa depan.

Undang-undang tersebut juga belum mencakup aturan seperti jual beli telur atau sperma dan apakah disetujui jika adanya ibu pengganti di masa depan.

Namun pemerintah dan parlemen akan terus berkoordinasi untuk membuat langkah hukum terkait mengatasi masalah-masalah tersebut maupun masalah lain yang mungkin saja terjadi dalam 2 tahun kedepan.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here