Jepang, Korea Selatan dan Amerika Siap Saling Koordinasi Demi Hadapi Pelanggaran Senjata Nuklir Korea Utara

Pejabat keamanan negara dari 3 negara yakni Jepang, Korea Selatan dan juga Amerika menggelar pertemuan di Annapolis Maryland Amerika, pada Jumat (2/4/21) kemarin demi membahas serangkaian kerjasama pertahanan mengahadapi kebijakan tentang pelanggaran yang dilakukan Korea Utara soal penggunaan senjata nuklir dan rudal.

Presiden Joe Biden kini juga sedang dalam tahap akhir mengenai tinjauan kebijakan terhadap Korea Utara.

Presiden AS tersebut juga dibayangi untuk menjadi penengah solusi terkait dengan perselisihan Jepang dan Korea Selatan tentang kompensasi tenaga kerja yang tidak kunjung usai yang membuat hubungan kedua negara terus memburuk.

 “Ini adalah pertemuan trilateral pertama kami antara 3 negara dan kami percaya kemitraan ini semakinpenting dalam lingkungan kompleks Indo-pasifik kedepannya.” Ucap Jake Sulivan salah satu petinggi dewan keamanan Amerika.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memastikan bahwa ketiga negara tersebut memiliki pemahana yang mendalam tentang keadaan di Korea Utara dan juga yang menjadi tujuan mereka dapat mengancam keselamatan warga dunia.

AS yang terus bersihkukuh akan terus pada pendiriannya demi mendorong Korea Utara denuklirisasi.

Selain itu, ketiga negara juga membahas tentang perlu menciptakan rantai pasokan produk semikonduktor demi mengurangi ketergantungan terhadap China ditengah persaingan militer dan ekonomi yang terus memanas.

Sejak era Donald Trump, Amerika sendiri telah menentang ambisi persenjataan nuklir yang terus dikembangkan Korea Utara.

Saat ini pemerintahan AS yang dipimpin Joe Biden akan terus berdiskusi dengan negara di kawasan Asia dalam menghadapi persoalan denuklirisasi Korea Utara.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here