Jepang Layangkan Protes Usai Parlemen Korea Selatan Mengunjungi Pulau Sengkat Takeshima

Pemerintah Jepang melayangkan protes kepada Korea Selatan atas kunjungan parlemen Korea Selatan ke Taksehima Island yang merupakan pulau sengketa antara Jepang dan Korsel.

Kunjungan parlemen Korea Selatan ke pulau tersebuut bertepatan dengan hari peringatan dimana Jepang menyatakan kalah pada Perang Dunia II 76 tahun yang lalu.

Sejak saat itu, Korea menyatakan merdeka dan pulau Takeshima Island atau yang dikenal dengan Pulau Dokdo sejak tahun 1950an dikuasai aktif oleh Korea Selatan.

Menurut Jepang, pulau tersebut secara sah telah menjadi bagian dari Jepang dan telah diakui menurut aturan PBB.

Namun Korea Selatan tetap mengklaim bahwa pulau tersebut adalah bagian dari Korea Selatan berdasarkan letak geografis dan sejarahnya.

Takehiro Funakoshi, Staf Kementerian Luar Negeri Jepang memprotes kepada Kim Yong Gil duta besar Korea Selatan untuk Jepang dengan mengatakan bahwa pulau tersebut adalah sah milik Jepang.

Sengketa pulau antara Jepang dengan Korea Selatan tersebut hingga kini memang belum memiliki titik terang. Pasalnya kedua negara tersebut saling mengakui bahwa pulau tersebut merupakan wilayahnya.