Jepang Meluncurkan Satelit Untuk Meningkatkan Respons Terhadap Bencana

Jepang pada hari Minggu (29/11/2020) meluncurkan roket yang membawa dua satelit, termasuk satu yang dioperasikan oleh pemerintah dan satunya lagi untuk menyampaikan data yang dikumpulkan oleh satelit pengintai yang sudah berada di orbit, ini memungkinkan komunikasi yang lebih cepat dan lebih kaya informasi ketika menanggapi bencana alam.

Roket H2A yang dioperasikan oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd dan Japan Aerospace Exploration Agency, telah lepas landas dari Pusat Antariksa Tanegashima di Prefektur Kagoshima, barat daya Jepang, pada pukul 16:25.

Satelit – satelit relai data pemerintah dan satelit relai data optik JAXA memasuki orbit yang dituju sekitar 30 menit kemudian.

Kedua satelit tersebut berada di unit yang sama dan akan berbagi komponen dasar seperti sumber daya dan sistem kontrol.

“Kami akan sepenuhnya memanfaatkan satelit pengumpul informasi untuk terus memperkuat keamanan nasional dan manajemen krisis negara kami,” kata Perdana Menteri Yoshihide Suga dalam sebuah pernyataan.

Dengan mengirimkan data, termasuk gambar dan informasi lainnya, melalui satelit relai, transmisi dapat dilakukan dengan lebih fleksibel dan lebih lama dari setiap satelit pengamatan, kata JAXA.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here