Jepang Meminta Kanada untuk Memerangi Kejahatan Rasial Anti-Asia

Duta Besar Jepang untuk Kanada telah meminta negara tersebut untuk memperkuat langkah-langkah untuk mencegah kejahatan rasial terhadap orang keturunan Asia.

Kawamura Yasuhisa membuat permintaan tersebut pada hari Kamis (29/04/2021) dalam konferensi online dengan Menteri Warisan Budaya Kanada, Steven Guilbeault, yang bertanggung jawab atas masalah hak asasi manusia.

Tindakan diskriminatif dan kekerasan terhadap orang keturunan Asia telah meningkat, terutama di Vancouver di Kanada bagian barat sejak awal pandemi virus corona pada musim semi tahun lalu.

Kawamura meminta Guilbeault untuk memperkuat tindakan melawan kejahatan rasial untuk memastikan keamanan orang Jepang yang tinggal di Kanada.

Guilbeault mengatakan pemerintah Kanada akan terus bekerja untuk memberantas kejahatan rasial.

Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok orang China Kanada dan pemerintah Kanada menunjukkan terdapat 1.150 kasus tindakan diskriminatif dan kekerasan terhadap orang keturunan Asia pada awal tahun hingga akhir Februari. 84% kasus menargetkan orang-orang dari negara-negara Asia timur termasuk Cina, Korea Selatan dan Jepang.

Sc: NHK