Jepang Mengirimkan Alat Bantu Pernapasan ke India

Pemerintah Jepang mengatakan pada hari Jumat (30/04/2021) bahwa mereka telah memutuskan untuk mengirim 300 respirator dan 300 konsentrator oksigen ke India, yang sedang memerangi salah satu krisis virus corona terburuk di dunia dengan penyebaran virus yang cepat, termasuk varian yang lebih menular.

Langkah itu dilakukan setelah PM Yoshihide Suga dan PM India Narendra Modi setuju selama pembicaraan telepon pada hari Senin untuk bekerja sama melawan pandemi COVID-19.

“Mengingat persahabatan kami dengan India, yang merupakan mitra penting dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, kami telah memutuskan untuk memberikan bantuan darurat untuk membantu orang-orang yang terkena dampak virus corona dari sudut pandang kemanusiaan,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato. pada konferensi pers.

Kato juga mengatakan Jepang akan mempertimbangkan bantuan tambahan untuk India tergantung pada situasi virus di negara tersebut.

Pemerintah India pada Rabu mengumumkan jumlah kematian COVID-19 di negara itu telah melampaui 200.000, dengan lebih dari 300.000 infeksi harian baru dikonfirmasi baru-baru ini.

Negara Asia Selatan adalah negara kedua yang paling parah terkena pandemi setelah Amerika Serikat, setelah melihat lebih dari 18 juta kasus, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins.

sc: Kyodo