Jepang Mulai Uji Coba Bus Auto Pilot dan Pembayaran Menggunakkan Face Recognition

Soal teknologi, Jepang memang salah satu negara dengan inovasi teknologi yang sudah tidak diragukan. Kini dengan dunia yang semakin canggih membuat banyak sekali kemudahan dalam beraktivitas.

Dalam jangka waktu dekat, sangat memungkinkan bila sebuah alat transportasi yang bisa bergerak tanpa perlu adanya pengemudi di dalamnya. Menggunakan segala sensor canggih dan menggunakan GPS kendaraan ini bisa melaju dengan sendirinya.

Universias Gunma yang bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi raksasa asal Jepang Docomo baru saja menguji coba sebuah kendaraan masal bus yang menggunakan sistem autopilot sehingga dapat mengoperasikan kendaraan dengan sendirinya.

Dalam Uji coba ini, bus autopilot tersebut dicoba berjalan di Maebashi Gunma yang penduduknya sedikit guna memperkecil resiko jika terjadi kesalahan dalam pengujian autopilot tersebut.

Dengan segala sensor canggih yang disematkan di dalamnya, bus ini mampu mengenali setiap jalan, rambu lalu lintas, hingga kendaraan di sekitanya. Bus autopilot ini juga menggunakkan jaringan super cepat 5G.

Bus autopilot ini diharapkan dapat mulai beroperasi masal pada Desember mendatang.

Selain mengujicobakan bus autopilot, mereka juga menguji coba sebuah alat pembayaran untuk menaiki bus yang praktis hanya perlu memakai wajah kita. Sebelumnya wajah kita akan di daftarkan terlebih dahulu dan mendeposit sejumlah uang.

Sensor tersebut akan bisa mengenali wajah kita sebelum menaiki bus dan saldo akan otomatis terpotong dengan sendirinya.

Dengan adanya sensor pembayaran lewat pengenalan wajah ini diharapkan akan semakin praktis karena kita tidak lagi perlu membawa kartu uang elektronik ataupun repot menyiapkan uang ketika menaiki bus

Bagaimana Mina? Jepang memang canggih ya!

Source : Mainichi, SN24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here