Jepang Perpanjang Status Darurat Hingga 12 September dengan Menambahkan 7 Prefektur

Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk kembali memperpanjang status darurat dengan menambahkan setidaknya 7 Prefektur lain hingga 12 September mendatang.

Beberapa Prefektur yang ditambahkan oleh Perdana Menteri adalah Ibaraki, Tochigi, Gunma, Shizuoka, Kyoto, Hyogo dan Fukuoka usai daerah tersebut dilanda kenaikan angka kasus corona.

Suga mengatakan langkah menetapkan status darurat merupakan bagian dari menyelamatkan jiwa dari paparan virus adalah prioritas pemerintah karena dengan meningkatnya kasus juga membuat rumah sakit mengalami tekanan tinggi.

Paralimpiade yang hanya tinggal menunggu beberapa hari lagi untuk digelar, kemungkinan akan diselenggarakan tanpa adanya penonton seperti Olimpiade.

Yasutoshi Nishimura, Menteri yang bertanggung jawab dalam penanggulangan viru corona mengatakan bahwa saat ini rumah sakit terutama di Tokyo mengalami tekanan hebat karena angka harian virus di negara tersebut naik signifikan.

Pada hari Selasa (17/8/21) kemarin saja, Jepang mencatatkan setidaknya ada 19.955 kasus baru dari seluruh Prefektur dengan 4377 diantaranya merupakan dari Tokyo.

Di bawah kebijakan status darurat, restoran dan bar serta tempat hiburan akan dibatasi bahkan diminta di tutup sementara demi menekan penyebaran virus.

Status darurat diharapkan menjadi program yang efektif dari pemerintah demi mengekang penyebaran virus yang terus melonjak beberapa waktu terkahir.

Source :