Jepang Pertimbangkan Perubahan Legalitas Usia Dewasa yang Semula 20 Tahun Menjadi 18 Tahun

Seperti di Indonesia, batas orang yang sudah dianggap dewasa adalah mereka yang sudah menginjak usia 17 tahun. Mereka yang sudah berusia 17 tahun di Indonesia akan menerima KTP dan telah dianggap dewasa.

Begitu juga halnya di Jepang. Undang-undang Jepang menetapkan usia dewasa adalah bagi mereka yang sudah menginjak usia 20 tahun. Untuk itulah di Jepang sendiri ada yang disebut dengan upacara kedewasaan atau “Seijin Shiki” yang diadakan setiap hari Senin di minggu kedua setelah tahun baru.

Bagi orang Jepang yang telah menginjak usia 20 tahun, mereka juga sudah bisa mengikuti pemilu parlemen Jepang dan juga diperbolehkan meminum sake.

Wacana perubahan batas usia dewasa di Jepang sebenarnya telah diusulkan pada 2018 lalu dimana penetapan usia dewasa di Jepang tidak lagi mereka yang menginjak 20 tahun tetapi menjadi 18 tahun yakni 2 tahun lebih cepat dari sebelumnya.

Hal tersebut juga sudah disetujui pemerintah dan akan mulai berlaku pada 1 April 2022 mendatang.

Kabarnya, alasan dibalik diturunkannya batas usia dewasa tersebut adalah untuk memberikan hak kepada mereka yang sudah menginjak usia 18 tahun agar bisa mandiri secara finansial dan sosial.

Source : SN24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here