Jepang Putuskan Pemberian Vaksin Booster pada 1 Desember

A medical worker administers a dose of vaccine at a mass vaccination site as Japan Self Defense Force starts a large scale inoculation of Covid-19 vaccine in Tokyo, Japan on June 9, 2021.

Jepang telah menetapkan pemberian vaksin booster corona pada 1 Desember mendatang usai Menteri Kesehatan Jepang yang telah menyutujui pemberian vaksin dosis ketiga tersebut.

Kabarnya, Jepang akan memberikan dosis vaksin booster menggunakan vaksin besutan Pfizer dan BioNtech.

Menurut Kementerian Kesehatan jeapng mengatakan bahwa setiap individu setidakny perlu menunggu delapan bulan usai menerima dosis kedua meskipun pemerintah bisa saja memangkas waktu tersebut menjadi 6 bulan demi mencegah bangkitnya kembali penyebaran virus.

Perdana Menteri Fumio Kishida telah berjanji untuk memberikan vaksin booster pada tahun ini yang dimulai dari tenaga medis sebelum diperluas ke lansia dan masyarakat luas.

Kabrnya, hanya orang yang telah menerima vaksin Pfizer atau Moderna yang akan mendapat vaksin ini karena bagi mereka yang menerima vaksin AstraZeneca menggunakan teknologi yang berbeda sehingga perlu menjalani analisis lebih lanjut.

Menurut data pemerintah, hingga kini setidaknya 75% masyarakat Jepang telah menerima dosis vaksin secara penuh hingga menjadikan Jepang sebagai salah satu negara yang terbaik dalam sistem pemberian vaksin meskipun awalnya dinilai sangat lambat.

Source : mainichi